4 Cara Menghilangkan Kutil Secara Alami Terbukti Ampuh

4 Cara Menghilangkan Kutil Secara Alami Terbukti Ampuh

Kutil merupakan salah satu jenis penyakit yang disebabkan oleh virus HPV (human papilomavirus) yang melekat di bagian atas lapisan kulit. Meski terlihat tidak berbahaya, namun kutil dianggap sangat mengganggu penampilan. Kutil ini biasanya muncul di wajah, leher, ketiak, dan area tubuh lainnya. Ketika anda mengalami masalah kutil tersebut, anda harus segera menghilangkannya. Ada berbagai cara menghilangkan kutil yang bisa anda pilih.

Untuk anda yang memiliki budget lebih, anda bisa hilangkan kutil dengan berobat ke dokter. Di lain sisi, anda bisa menghilangkan kutil tanpa perlu mengeluarkan budget sama sekali. Caranya, anda cukup memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di sekitar anda. Selain murah, menghilangkan kutil dengan bahan alami terbukti tidak menimbulkan efek samping yang membahayakan kesehatan maupun kecantikan anda.

Cara Alami Menghilangkan Kutil

Berikut ini kami bagikan beberapa cara alami menghilangkan kutil selengkapnya untuk anda.

1. Bawang Putih

Salah satu cara mencabut akar kutil ialah dengan memanfaatkan bawang putih. Tak hanya berguna untuk mengobati sakit gigi, senyawa alicin yang ada di dalam bawang putih ternyata juga berkhasiat sebagai komponen antivirus pada kutil. Akan tetapi, sebelum anda menggunakannya, pastikan dulu bahwa kulit anda tidak alergi dengan bawang putih.

Cara alami menghilangkan kutil dengan bawang putih ialah dengan mencuci bersih dan keringkan kutil dengan air hangat, sabun, serta handuk. Setelah itu, anda oleskan irisan bawang putih secara merata ke area tubuh yang terkena kutil. Lalu plester kutil selama semalaman penuh. Anda ulangi cara ini sekali lagi untuk keesokan malamnya hingga kutil hilang.

2. Apel

Anda bisa gunakan cuka sari apel untuk menghilangkan kutil. Cuka sari apel bersifat anti jamur, anti bakteri, dan anti virus sehingga sangat efektif untuk membantu menghilangkan kutil hingga tuntas. Adapun caranya ialah dengan menyiapkan cuka sari apel, baskom kecil, kapas, dan air hangat. Setelah itu, anda campurkan cuka sari apel dan air hangat ke baskom dalam perbandingan 2 : 1. Lalu celupkan kapas kedalam larutan tersebut dan oleskan secara merata pada bagian kutil.

Apabila telah selesai mengoleskan. Anda perban pada kutil yang sudah selesai anda obati. Biarkan selama semalam penuh, kemudian bilas pada pagi harinya. Anda lakukan perawatan ini sekali dalam sehari selama beberapa hari. Tak butuh waktu lama, kutil akan menghitam dan rontok dari kulit anda. Anda pun bisa terbebas dari kutil yang selama ini menganggu.

3. Garam

Kandungan abrasif yang ada pada garam bisa membantu mengangkat sel kulit mati yang ada di sekitar benjolan kutil. Anda bisa obati kutil dengan kombinasikan garam dan batu apung. Caranya, anda rendam kutil selama 10 menit di dalam larutan garam dan air hangat. Hal ini dilakukan untuk melembabkan kulit. Setelah itu, usapkan secara lembut batu apung hingga kulit di sekitar kutil mengelupas. Kemudian tekan kutil dengan menggunakan kapas selama 5-10 menit. Lalu cuci bersih area tersebut. Tutup area kutil tersebut dengan plester. Jangan lupa menggantinya secara teratur hingga kutil sembuh.

4. Lidah Buaya

Dengan sifat anti inflamasi, lidah buaya mampu menghilangkan kutil. Caranya, ambil gel lidah buaya secukupnya. Gunakan kapas bersih untuk ambil gel tersebut, lalu oleskan pada kutil. Langkah selanjutnya, gunakan perban untuk menahan kapas yang sudah berisi gel lidah buaya tadi supaya tetap menempel pada kutil. Diamkan selama 30 menit atau hingga kering. Lakukan cara menghilangkan kutil ini 2 kali dalam sehari.

Leave a Reply