7 Cara Komunikasi di Tempat Kerja yang Baik dan Efektif

 

7 Cara Komunikasi di Tempat Kerja yang Baik dan Efektif

Tak bisa dipungkiri bahwa komunikasi sangatlah penting. Komunikasi itu sendiri terdiri dari dua jenis, yakni komunikasi verbal dan non verbal. Semua jenis komunikasi ini sangat dibutuhkan dalam kehidupan bermasyarakat, tak terkecuali dalam komunikasi yang sifatnya profesi, seperti komunikasi di tempat kerja. Dengan berkomunikasi, anda bisa menjalin sebuah hubungan dengan seseorang ataupun sekelompok orang yang tentu saja sangat diperlukan sebagai makhluk sosial.

Cara Berkomunikasi di Tempat Kerja

Apabila anda bekerja sebagai karyawan kantoran serta belum memahami bagaimana berkomunikasi yang baik, ada baiknya anda simak ulasan mengenai cara berkomunikasi yang baik di tempat kerja berikut ini.

  1. Ubah Hal Rumit Menjadi Sederhana

Alangkah baiknya anda tidak berkomunikasi terlalu panjang atau rumit serta tidak jelas. Sampaikan saja dengan cara yang sederhana dan jelas. Katakan apa yang anda maksud dengan sesedikit mungkin kata-kata tanpa anda mengurangi maknanya.

  1. Diplomasi Untuk Menyelesaikan Konflik

Dalam perusahaan pasti tak lepas dari masalah atau konflik. Terlebih lagi, apabila anda tergabung di sebuah tim, beragam konflik selalu hadir, baik itu konflik kecil ataupun besar. Kondisi inilah yang menjadikan suasana kantor terasa tidak kondusif dan pekerjaan berantakan. Hal ini bisa anda atasi dengan membiasakan berbicara yang baik di tempat kerja. Masalah diselesaikan dengan pikiran terbuka serta tidak memihak satu sama lain. Tiap karyawan harus menjalin hubungan yang baik supaya suasana kerja menjadi lebih nyaman serta pekerjaan bisa terselesaikan secara baik.

  1. Integritas

Pengusaha pastinya cinta dengan kredibilitas, reputasi akan apa yang sudah anda lakukan. Di tempat kerja bisa jadi anda bukan orang yang paling berbakat. Meski begitu, saat apa yang anda lakukan sesuai dengan standar karyawan tinggi, maka yakinlah untuk membuat atasan menjadi terkesan bahwa anda terbukti mampu bekerja dengan sangat baik.

  1. Berbicara Langsung

Seperti yang kita semua ketahui, perusahaan saat ini menunjukkan komunikasi lebih canggih dengan menggunakan surat elektronik sebagai cara untuk berinteraksi dengan klien maupun rekan kerja. Orang dianggap telah mulai melupakan seni berbicara secara langsung. Hal ini tentunya membuat anda kesulitan dalam menebak ekspresi wajah dan bahasa tubuh orang yang menjadi lawan bicara anda. Tentu saja hal ini berbeda apabila bertemu langsung. Dengan berbicara langsung, anda bisa meminimalisir salah pengertian.

  1. Hargai Perbedaan Kebudayaan

Ada banyak perusahaan yang merekrut karyawan dari mancanegara. Meski mempunyai kebudayaan yang berbeda, and harus ikut menghargai perbedaan budaya tersebut. Dengan begitu, kerjasama bisa berjalan dengan baik. Hal ini bisa dimulai dengan tidak memperlihatkan gestur tubuh yang menggangu perasaan dan memilih kata yang sopan untuk menjalin komunikasi yang baik.

  1. Menyenangkan

Orang yang mempunyai kepribadian hangat selalu lebih populer serta efektif di tempat kerja. Orang tersebut bisa berkolaborasi dengan orang lain dan bisa membuat tim kerja yang sukses. Sikap seperti ini memperlihatkan bahwa mereka siap untuk menjadi bagian dari tim serta keluarga di kantor tersebut. Menjadi seseorang yang sangat menyenangkan mampu menciptakan suasana positif serta rasa kemudahan di tempat kerja. Anda pun akan menikmati kepuasan kerja.

  1. Feedback yang Baik

Komunikasi di tempat kerja yang baik lainnya ialah dengan memberikan feedback. Setiap karyawan pastinya ingin dianggap. Ketika mereka telah berusaha keras untuk menyelesaikan pekerjaannya, anda harus mengapresiasinya. Apabila sebaliknya, anda beri feedback yang positif dan membangun guna menyemangatinya supaya pekerjaan selanjutnya bisa lebih baik.

Leave a Reply