Inilah Jenis Sedekah Jariyah Yang Pahalanya Tidak Akan Putus

Islam mengajarkan seluruh umatnya untuk menolong sesama dan memberikan kebaikan ke orang yang membutuhkan. Amalan tersebut tidak hanya untuk menolong orang lain, tapi juga memberikan ketentraman untuk diri sendiri dan mendapatkan pahala berlimpah. Sedekah menjadi salah satu cara menolong orang lain dan menghapus dosa. Bahkan bisa membantu kita mewujudkan berbagai keinginan. Hal ini sesuai dengan firman allah swt Qs al zalzalah ayat 7 yang artinya “ maka barangsiapa yang mengerjakan kebaikan sebesar zarrah, niscaya dia akan mendapatkan balasannya”.

Sedekah tidak harus berbentuk uang, berbeda dengan infaq atau zakat. Sedekah bisa dilakukan dalam berbagai bentuk. Bahkan senyuman yang diberikan dengan tulis, bisa menjadi sedekah kita. Ada beberapa jenis sedekah jariyah yang pahalnya mengalir terus. Bahkan ketika kita meninggal dunia. berikut ini beberapa jenis sedekah jariyah yang bisa anda lakukan.

Mengajarkan Ilmu (Ilmu Yang Bermanfaat)

Memiliki ilmu yang bermanfaat atau mengajarkan ilmu, bisa menjadi pahala sedekah yang terus mengalir hingga kita meninggal dunia. mengajarkan ilmu tidak harus dilakukan oleh seorang pendidik atau guru saja. cakupannya sangat luas lebih dari itu. Ketika kita memberikan infromasi yang kita miliki dengan benar, sekecil apapun ke orang lain. bisa dijadikan sedekah jariyah kita. Seperti sebuah hadist yang mengatakan bagikan ilmu walaupun hanya satu ayat. Jika anda memiliki ilmu yang bermanfaat. Jangan lupa untuk membaginya.

Membangun Masjid

Membangun masjid atau wakaf tanah untuk kebutuhan ibadah, bisa menjadi tabungan di hari akhir. Pahalanya sangat besar dan akan didapatkan sampai meninggal dunia. masjid digunakan orang untuk beribadah terus menerus. pahala yang didapatkan orang lain, akan anda dapatkan. Sedekah jariyah ini tidak hanya membangun masjid saja. tapi juga membangun gedung lain yang digunakan untuk kepentingan umum atau sesuai ajaran islam. Seperti membangun panti sosial, rumah sakit umum, sekolah dan masih banyak lainnya. pastikan wakaf online tersebut digunakan untuk kebaikan dan kemaslatan umat yang membutuhkan.

Menulis Buku

Menulis buku pahalanya hampir sama dengan menyebarkan ilmu pengetahuan. Apalagi anda menulis buku yang berisi ilmu yang baik. orang yang menulis buku akan mendapatkan pahala terus menerus. karena buku tersebut akan bermanfaat untuk orang lain dan terus di baca. Jika anda memiliki kemampuan menulis, tidak ada salahnya menulis buku tentang agama. Sehingga pahala yang didapatkan semakin besar. di zaman modern ini, menulis tidak hanya lewat buku saja. anda juga bisa menyebarkan ilmu lewat media sosial. Misalnya lewat facebook, twitter, instagram atau blog. Namun pastikan ilmu yang anda ajarkan memiliki manfaat untuk orang lain dan memiliki kebenaran. Bukan ilmu hoax yang memecah persatuan.

Menggali Sumur

Tukang gali sumur mungkin sering disepelakan. Namun ternyata pekerjaan menggali sumur memberikan pahala jariyah yang besar. sumur merupakan sumber mata air yang bisa memberikan manfaat untuk kehidupan manusia. Hal ini sesuai dengan sabda rasulullah yang berbunyi ““Barangsiapa yang menggali sumur, (kemudian) tidaklah setiap yang memiliki ruh, baik dari kalangan manusia, jin, dan burung yang minum dari sumur tersebut, melainkan Allah (pasti) akan membalasnya kelak di hari kiamat.” Apalagi anda membuat sumur di tempat orang yang membutuhkan. Seperti di korban bencana, tempat yang kekeringan dan lainnya.

Sedekah Harta

Jika anda memiliki harta yang berlimpah, sebaiknya untuk perbanyak sedekah harta. Orang yang rajib bersedekah akan mendapatkan pahala yang berlimpah. Hidupnya pun lebih tenang dan tentram. Dengan bersedekah  harta anda tidak akan habis. Tapi akan dilipatgandakan terus menerus. ada banyak sekali manfaat bersedekah untuk diri sendiri dan orang lain. apalagi anda bersedekah dengan perasaan yang ikhlas. Penjelasan ini sesuai dengan firman allah swt dalam al baqarah ayat 261 yang artinya :

“Perumpamaan orang -orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada tiap-tiap tangkai: tumbuh seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al- Baqarah ayat 261)

Mulai sekarang cobalah untuk perbanyak sedekah,anda bisa sedekah online ke lembaga yang terpercaya. Atau bersedekah sesuai kemampuan yang dimiliki.