Melihat Tumbuh Kembang Bayi Usia 6-12 Bulan

Di usia 6 bulan, umumnya bayi sudah mulai mengenal makanan padat atau MPASI selain ASI atau susu formula. Banyak sekali perkembangan yang akan Anda lihat dari buah hati Anda yang lucu ini, dimulai dari mengoceh, duduk dengan tegak, merangkak dan beberapa tumbuh kembang bayi lainnya.

Nah, apakah Anda penasaran perkembangan apa saja yang akan dialami buah hati Anda di usia 6-12 bulan? Jika Anda penasaran, yuk kita lihat sama-sama di bawah ini.

Tumbuh Kembang Bayi 6-12 Bulan

Berikut pertumbuhan dan perkembangan bayi usia 6-12 bulan yang harus Anda letahui, diantaranya adalah sebagai berikut:

Bayi usia 6 bulan

Pada saat mereka mencapai 6 bulan, bayi memiliki perasaan yang jauh lebih baik tentang siapa mereka dan bagaimana mereka cocok dengan dunia mereka. Mereka akan memiliki perasaan yang baik tentang perbedaan antara orang tua mereka, saudara kandung dan orang lain, dan bahkan mungkin mulai cemas terhadap orang-orang yang tidak mereka kenal.

Enam bulan adalah usia yang disarankan untuk memperkenalkan makanan padat. Jika Anda belum memulai, Anda dapat mencoba menawarkan sejumlah kecil makanan yang dihaluskan dan masih terus menyusui atau pemberian susu formula.

Bayi usia 7 bulan

Pada suatu waktu antara 5 dan 7 bulan, Anda mungkin akan melihat kuncup gigi pertama muncul di mulut bayi Anda, mungkin di tengah rahang bawah mereka. Jangan panik jika bayi Anda belum tumbuh gigi, sangat normal untuk tidak melihat gigi sampai mereka mencapai 12 bulan. Ketika gigi mulai tumbuh, mengharapkan air liur lebih banyak. Anda kemudian bisa memberi bayi Anda cincin tumbuh gigi untuk dikunyah untuk mengurangi rasa tidak nyaman.

Bayi Anda kemungkinan akan mengonsumsi makanan padat sekarang. Mereka mungkin mengunyah, memegang botol atau memasukkan makanan ke mulut mereka. Cobalah berbagai makanan lunak, tetapi pastikan Anda menghindari susu sapi dan susu kambing, madu, garam, gula, mentega, atau jus buah. Jangan beri bayi Anda apa pun yang bisa membuatnya tersedak, seperti kacang-kacangan, biji-bijian, wortel mentah, batang seledri atau potongan apel.

Bayi usia 8 bulan

Pada usia 8 bulan, banyak bayi akan menikmati makan makanan jari seperti potongan kecil buah mentah yang lembut (seperti pisang atau alpukat), sayuran rebus atau dikukus (kacang lembut, wortel atau labu), roti panggang atau rusks.

Air susu ibu atau susu formula masih merupakan sumber nutrisi utama, tetapi jika mereka makan banyak makanan padat, mereka mungkin mengonsumsi lebih sedikit susu. Jangan terlalu khawatir, pastikan susu dan makanan padat ditempatkan dengan baik untuk memaksimalkan asupan susu mereka. Jangan memperkenalkan susu sapi hingga mencapai 12 bulan.

Bayi Anda juga akan menjadi lebih emosional dan sekarang akan menunjukkan tanda-tanda kecemasan perpisahan, jika mereka belum melakukannya. Mereka mungkin menangis atau menjerit ketika mereka berpisah dari Anda, atau berpegangan pada Anda ketika Anda mencoba untuk pergi. Perlahan-lahan bayi Anda akan belajar bahwa Anda selalu kembali dan akan membangun kepercayaan dengan orang lain dalam kehidupan mereka.

Bayi usia 9 bulan

Seiring perkembangan memori bayi Anda, mereka akan membentuk keterikatan yang lebih kuat dengan beberapa orang dan akan mulai lebih menyukai beberapa orang daripada yang lain. Mereka mungkin masih menderita kecemasan perpisahan ketika Anda meninggalkan mereka, tetapi jangan khawatir – itu normal.

Dari 9 bulan, Anda juga dapat mulai menawarkan makanan sebelum menyusui. Ini agar bayi Anda dapat mulai mengurangi asupan ASI mereka.

Bayi Anda mungkin berdiri tegak dan bergerak sambil memegang furnitur (ini disebut ‘jelajah’) tetapi kadang-kadang ini tidak terjadi selama beberapa bulan lagi. Anda tidak perlu khawatir tentang membeli sepatu dulu – belajar berjalan dengan kaki telanjang membantu memperkuat otot kaki dan kaki. Pikirkan tentang membeli sepatu pertama mereka ketika mereka mulai berjalan di luar.

Bayi usia 10 bulan

Pertumbuhan cepat tahun pertama bayi Anda akan melambat sekarang. Mereka akan memiliki lebih dari dua kali lipat berat lahir mereka dan, ketika mereka menarik diri dengan tegak, mereka akan mulai terlihat lebih seperti balita daripada bayi.

Cobalah untuk tidak membandingkan tinggi atau berat bayi Anda dengan bayi lainnya. Selama mereka tumbuh seperti yang diharapkan sesuai dengan grafik pertumbuhan mereka.

Bayi usia 11 bulan

Indera bayi Anda akan telah matang selama beberapa bulan terakhir dan sekarang mereka sekarang akan dapat melihat benda-benda baik di dekat maupun jauh. Mereka dapat fokus pada objek yang bergerak cepat dan koordinasi tangan-mata mereka telah berkembang sehingga mereka dapat melihat mainan dan bergerak untuk mengambilnya.

Indera pengecap dan penciuman mereka juga berkembang. Sekarang mereka akan memiliki preferensi untuk makanan yang berbeda dan akan menikmati bunga harum di luar.

Bayi usia 12 bulan

Pada 12 bulan, berat lahir bayi Anda mungkin sudah tiga kali lipat dan mereka akan menjadi sekitar 50% lebih lama daripada saat mereka baru lahir. Otak mereka telah tumbuh hingga sekitar 60% dari ukuran orang dewasa. Pertumbuhan mereka akan melambat mulai sekarang. Cobalah untuk tidak membandingkan tinggi atau berat bayi Anda dengan bayi lain, selama mereka tumbuh seperti yang diharapkan sesuai dengan grafik pertumbuhan mereka.

Anda akan cukup sibuk sekarang ketika bayi Anda mengalihkan perhatian dari mengembangkan keterampilan motorik halus mereka, seperti mengambil dan memeriksa benda, hingga melatih otot-otot besar mereka. Mereka akan mendorong, menendang, melempar, membanting pot, dan meletakkan barang-barang di dalam wadah. Bayi pada usia 12 bulan memiliki rentang perhatian 2 hingga 5 menit untuk setiap permainan sehingga Anda harus berpikir kreatif untuk membuatnya sibuk. Ide yang bagus adalah mengeluarkan beberapa mainan sekaligus, kemudian menyimpannya dan mengeluarkan yang berbeda.