Mengenal Cara Berinteraksi Dengan Anak Berkebutuhan Khusus

Cara Berinteraksi Dengan Anak Berkebutuhan Khusus

Mungkin anda pernah mendengar istilah anak berkebutuhan khusus. Sebenarnya setiap anak yang berkebutuhan khusus mempunyai karakter yang unik dan perlu pendekatan yang berbeda. Mengetahui dan juga memahami kondisi anak yang memiliki kebutuhan khusus sedini mungkin adalah suatu hal yang sangat penting.

Hal ini bertujuan agar orang tua dapat melakukan berbagai macam langkah dan tindakan terbaik bagi sang anak. Langkah yang tepat pastinya akan sangat baik jika dilakukan sejak dini. Supaya kelak anak dapat mandiri dan juga kuat untuk melalui semua tantangan yang ada pada kehidupannya nanti.

Bagaimana Kita Berinteraksi Dengan ABK

Dalam berinteraksi dengan ABK maka kita perlu tips- tips tersendiri yang bisa dilakukan. Sebab jika belum terbiasa maka proses komunikasi yang dilakukan akan terasa janggal. Meski butuh perlakuan khusus, namun ABK harus tetap terus diajak untuk berkomunikasi dan bersosialisasi agar dapat melatih psikologis juga psikomotoriknya.

Sebut namanya dengan lengkap saat hendak berkomunikasi

Supaya berkomunikasi dengan anak berkebutuhan khusus tetap berjalan lancar, maka panggil nama mereka saat anda ingin berkomunikasi. Jangan cuma memanggil hai, atau kamu atau panggilan lain yang tidak menyebut nama. Ini akan mempermudah mereka untuk menangkap panggilan yang anda tujukan.

Ajak bersosialisasi dengan lingkungan

Meskipun mereka dirasa berbeda dengan anak- anak yang lain, namun jangan sampai anda menjauhkan mereka dari lingkungan anda.Mereka butuh banyak bersosialisasi agar dapat melatih daya tumbuh kembang mereka. Anda bisa mencoba untuk mengajaknya ngobrol. Selain itu juga ikut sertakan anak atau ajak mereka melakukan kegiatan yang disukai seperti bermain Lego, menggambar, mewarnai dan lainnya.

Lakukan kontak mata secukupnya

Salah satu hal yang wajib saat kita berkomunikasi adalah kontak mata. Namun anda jangan samakan perlakuan tersebut kepada ABK. Anda jangan memberikan kontak mata yang terlalu sering. Sebab hal ini bisa menjadikan mereka merasa tidak nyaman bahkan terintimidasi. Bila hal itu sudah terjadi maka mereka akan menunduk dan tak ingin berbicara lagi.

Saat berkomunikasi bahas topik yang jelas dan spesifik

Bila anda sering mengobrol banyak hal dengan teman tanpa alur pembicaraan yang jelas, maka jangan sampai hal ini anda lakukan dengan ABK. ABK perlu segala sesuatu yang jelas dan spesifik. Jadi sebaiknya bahas topik yang spesifik. Misalnya jika ingin mengobrol tentang musik, kita harus fokus pada alat musiknya atau genre musiknya. Jangan satukan dua hal itu.

Jangan berikan suasana bising dan sentuhan yang berlebihan

Hal ini sama dengan kontak mata tadi, ABK juga sangat sensitif dengan sentuhan, kebisingan dan juga bau. Memang ta seperti kebanyakan anak lain yang suka dengan suasana luar yang ramai. ABK adalah anak yang cenderung lebih suka dengan suasana tenang. Kita harus bisa mencoba untuk menahan sentuhan pada mereka. Seperti dengan menyentuh bahu saat berkomunikasi. Karena mungkin saja mereka bisa merasa ketakutan saat banyak disentuh.

Sebagai orang tua mempunyai anak dengan kebutuhan khusus memang memerlukan perawatan dan penanganan yang lebih intensif dibandingkan anak normal lainnya. Jika dilihat secara kasat mata, memiliki anak dengan kebutuhan khusus pastilah bukan sebuah perkara yang mudah. Akan tetapi segala sesuatunya pastilah sudah diatur dan sudah menjadi ketentuan dari Sang Pencipta. Bagi orangtua yang saat ini dikaruniai anak berkebutuhan khusus, anda harus semangat dan selalu bersyukur. Tidak semua orang sanggup menanggung tanggung jawab besar seperti yang Anda dapatkan.

Leave a Reply