Obat Batuk Tadisional Racikan Sendiri Paling Efektif Menyembuhkan

Kita tentu merasa terganggu dengan batuk yang sering muncul dengan tiba- tiba. Padahal sebelumnya anda sudah minum obat untuk meredakan batuk. Namun batuk belum hilang juga. Tapi anda jangan sampai terlalu banyak konsumsi obat kimia yang akhirnya akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Alangkah baiknya jika kita mencoba obat batuk tradisional yang bisa anda buat sendiri dan bebas dari bahan kimia.

Secara umum, penyakit batuk ini terjadi disebabkan ada sebuah benda yang asing misalnya kuman atau debu yang akhirnya merangsang selaput lendir yang ada di tenggorokan. Karena benda asing tersebut ingin dikeluarkan oleh tubuh, makanya akan muncul rasa gatal, dan batuk pun akhirnya muncul. Untuk dapat mengobati batuk, ada berbagai macam obat batuk tradisional yang bisa anda minum.

Obat Batuk Tadisional Racikan Sendiri Paling Efektif Menyembuhkan

Resep Obat Batuk Tadisional Paling Ampuh

Banyak orang tua kita yang sudah mempraktekkan resep obat batuk dengan ahan tradisional ini di rumah. Semua dilakukan karena dulu belum mengenal obat farmasi. Meskipun demikian, obat batuk ini sangat ampuh dalam mengobati batuk yang melanda. Di bawah ini kami sampaikan beberapa resep obat batuk yang bisa dibuat dengan cara tradisional dan aman untuk dikonsumsi. Selain itu, cara membuatnya juga mudah.

Jeruk Nipis

Sudah sejak dulu jeruk nipis telah menjadi resep andalan dalam mengobati batuk yang menyiksa. Ini sudah bukan rahasia lagi bahwa jeruk nipis bisa digunakan untuk mengobati batuk berdahak. Anda dapat mencampurkan jeruk nipis dengan satu sendok kecap manis. Akan tetapi, bila anda tidak suka dengan kecap manis, maka bisa anda ganti dengan menggunakan madu. Agar batuk anda lebih cepat sembuh, anda harus minum campuran dari jeruk nipis dan madu hingga 2 sampai 3 kali sehari.

Belimbing Wuluh

Meski rasa buah yang satu ini sangat asam, namun ternyata banyak khasiatnya. Biasanya belimbing wuluh ini digunakan untuk membuat sayur asam,atau dibuat manisan. Akan tetapi, belimbing wuluh ini jugabisa dimanfaatkan sebagai obat batuk alami yang tradisional. Khasiatnya cukup ampuh dalam mengobati batuk. Anda dapat memarut belimbing wuluh, lalu bisa dimasukkan parutan tadi ke dalam satu gelas air. Bisa anda tambahkan garam sedikit kemudian disaring lalu buang ampasnya. Kemudian bisa anda minum hasil saringan tersebut hingga dua kali sehari. Batuk anda pun akan segera sembuh.

Obat Batuk Tradisional Dari kencur dan Jahe

Pertama, anda siapkan sepertiga jari kencur dan jahe segar yang sudah bersih. Ditambah dengan perasan jeruk nipis dan juga satu sendok makan madu. Iris kecil jahe dan kencur, lalu direbus dalam segelas air sampai mendidih. Tunggu hingga menjadi setengah gelas saja. Jika air rebusan tadi sudah mulai hangat kuku, tinggal anda tambah dengan perasan air jeruk nipis dan madu. Aduk rata dan saring. Dosis seperti ini bisa diberikan untuk anak diatas 12 tahun dan juga orang dewasa untuk satu kali minum.

Manfaatkan Daun Kayu Putih

Disamping bermanfaat untuk dapat menghangatkan tubuh, ternyata daun kayu putih juga dapat digunakan sebagai obat batuk secara alami. Caranya mudah, rebus saja daun kayu putih dengan tiga gelas air sampai tersisa satu gelas saja. Lalu minumlah air rebusan tersebut mumpung masih hangat.

Obat batuk tradisional tersebut bisa anda buat sendiri di rumah. Bahannya juga mudah ditemui bukan? Yang harus anda ingat, jangan gunakan obat batuk tersebut untuk anak yang masih berusia dibawah satu tahun.

Leave a Reply