Porsi Tepat MPASI 7 Bulan Lengkap Dengan Tips Pemberiannya

Porsi Tepat MPASI 7 Bulan Lengkap Dengan Tips Pemberiannya

Saat bayi anda sudah masuk usia 7 bulan, maka Makanan Pendamping ASI atau MPASI sudah mulai diberikan. Dalam sehari bisa diberikan sebanyak tiga kali. Lantas, seberapa banyak porsi MPASI 7 bulan serta bagaimana tips dalam memberikannya agar tepat dan nutrisi serta gizinya seimbang? Kita akan cari tahu di sini.

Dalam memberikan MPASI untuk bayi berusia 7 bulan ini sudah menggunakan tekstur yang sedikit lebih kasar. Di samping itu, sajikan menu MPASI untuk bayi 7 bulan dengan varian menu yang lebih beragam agar nutrisi si kecil tercukupi. Yang paling penting masih berikan ASI pada si kecil.

Porsi Pemberian MPASI untuk Bayi Usia 7 Bulan

Jika kita bicara soal porsi MPASI tentu kita harus melihat pula usia bayi dan juga berat badan bayi. Karena dua hal ini yang berpengaruh dalam pemberian MPASI yang tepat. Bila berat badan bayi masih kurang, maka porsi MPASI bisa ditambah menjadi dua kali yang bukan porsi buah, akan tetapi bubur. Walaupun pada prakteknya orang tua sering memberi porsi buah yang dinaikkan dalam MPASI.

Anak memang perlu makan buah, namun makanan lengkap itu perlu dan semua makanan juga penting untuk pertumbuhan. Terlebih pada bayi yang saat ASI ekslusif ia gemuk dan setelah MPASI justru malah kurus sebab yang dinaikkan porsinya adalah buah. Padahal buah itu tidak bikin gemuk.

Tips Memilih MPASI 7 Bulan 4 Bintang

Di bawah ini adalah tips pemberian menu MPASI untuk bayi usia 7 bulan. Bisa dilihat bahwa menu yang diberikan sangat beragam. Biasa dikenal dengan 4 bintang. Yaitu MPASI yang mencakup karbohidrat, sayuran dan buah, kacang- kacangan, danĀ  sumber protein hewani. Ini sebagai upaya untuk memperkenalkan rasa makanan yang bervariasi kepada bayi.

Daging

Daging mulai bisa diperkenalkan kepada bayi dengan 7 bulan. Tetapi dengan catatan daging tersebut harus diolah dengan benar dan dihaluskan agar dapat dicerna dengan baik. Anda bisa pilih daging yang lemak agar tidak membahayakan kesehatan bayi.

Mengolah daging dapat dihaluskan dan dicampur dalam bubur bayi. Berikan rutin untuk melengkapi kebutuhan nutrisi zat besi dan juga seng. Perhatikan proses pengolahan daging dan pilih daging yang berkualitas.

Sayuran Hijau

Bahan makanan yang dapat Anda berikan bagi bayi usia 7 bulan adalah sayuran berdaun hijau misalnya bayam. Jenis sayuran hijau dikenal kaya folat dan zat besi. Disamping itu, sayuran tidak perlu proses pengolahan yang rumit. Bisa disajikan dalam bentuk puree atau dicampur kedalam bubur bayi.

Buah Alpukat

Lembut nya buah alpukat yang matang akan lebih mudah dicerna dalam perut bayi. Bisa diberikan langsung pada bayi tanpa diolah lebih dahulu. Buah alpukat mengandung nutrisi penting yang diperlukan dalam tahap perkembangan bayi. Alpukat mengandung asam lemak omega-3 yang dapat mengoptimalkan kecerdasan otak bayi. Disamping itu, alpukat juga kaya kandungan vitamin dan mineral yang penting.

Labu Kuning

Mungkin sudah tidak asing lagi dengan sayuran satu ini. Labu kuning memiliki tekstur daging buah lunak dan mudah diolah menjadi MPASI. Ini bisa dihaluskan menjadi puree bagi bayi 7 bulan.

Labu kuning akan mudah dicerna bayi sebab memiliki tekstur lembut. Selain itu mengolahnya juga mudah, hanya di kukus kemudian dihaluskan dengan blender, jadilah MPASI bayi. Labu kuning kaya kandungan nutrisi seperti vitamin C, vitamin A, dan kaya akan betakaroten.

Demikianlah informasi mengenai porsi MPASI 7 bulan dan juga tips dalam pemberiannya kepada bayi anda. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply