UI UX Jakarta: Dasar dan Perbedaannya

Memiliki media promosi digital bagi pengusaha atau pebisnis kini menjadi hal yang cukup penting. Ya, seiring berkembangnya teknologi digital, transaksi pun sering dilakukan secara digital. Nah, berbincang tentang dunia marketing digital, ada setidaknya dua hal yang harus dipahami, yaitu UI dan UX. Saat ini, ada banyak agen yang menawarkan jasa UI UX Jakarta yang tentu bisa menjadi mitra Anda.

Ya, UI dan UX adalah dua hal terkait desain aplikasi atau website yang Anda gunakan untuk berjualan dan memasarkan layanan Anda. Keduanya sangat berpengaruh pada tampilan dari website tersebut sehingga bisa dikatakan Anda akan memiliki media promosi yang tidak hanya efisien dan efektif, namun juga mampu menarik calon konsumen.

Nah, pada kesempatan ini kita akan membahas beberapa dasar dan perbedaan antara UI dan UX. Tentu, dengan mengetahui perbedaan diantara keduanya, nantinya Anda akan memiliki bekal yang cukup untuk menemukan penyedia jasa UI UX Jakarta demi memaksimalkan pemasaran bisnis Anda.

Apa Itu UI dan UX?

Beberapa awam mungkin masih belum memahami apa itu UI dan UX secara menyeluruh. Hal ini wajar saja karena memang UI dan UX merupakan bahasa pemrograman yang tentu hanya diketahui oleh mereka yang berkecimpung di dunia pemrograman atau desain grafis.

Oleh karenanya, kita akan mencoba membahas kedua hal ini secara lebih detail. Penasaran? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

  • User Interface (UI)

UI adalah kependekan dari user interface. Dalam pengertiannya, user interface ini merupakan sebuah ilmu terkait tata letak grafis dari suatu website atau aplikasi. Dengan demikian, bisa dikatakan UI akan sangat berpengaruh pada bagaimana tampilan total dari sebuah website dan aplikasi yang digunakan sebagai penunjang bisnis.

Ada beberapa hal yang menjadi cakupan dari UI untuk dipahami. Secara umum, cakupan UI adalah tombol yang akan diklik oleh pengguna. Beberapa detail seperti teks, gambar, entri teks, dan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan interaksi pengguna merupakan cakupan dari UI tersebut.

Hal lain yang menjadi cakupan user interface adalah layout, transisi, animasi dan hal-hal interaksi kecil lainnya. UI akan memberikan sentuhan yang cukup detail terkait semua elemen visual pada halaman website. Oleh karenanya, dengan pengerjaan yang tepat, nantinya akan bisa dihasilkan website dengan font yang unik, skema warna yang menarik dan lainnya.

  • User Experience (UX)

Jika UI berhubungan dengan interface atau tampilan, maka UX berhubungan dengan experience atau pengalaman dari pengguna. Ya, UX adalah kependekan dari user experience atau pengalaman pengguna. Menurut definisinya, UX ini diartikan sebagai seseorang yang membuat produk yang bermanfaat bagi orang lain dan juga membuat visualisasi user flow menjadi sebuah produk yang indah.

Secara umum, tujuan dari UX ini adalah mempermudah pengguna atau users. Dengan produk website atau aplikasi yang memiliki detail yang simple atau unik yang disesuaikan dengan beberapa standar, maka user akan cenderung lebih mudah untuk menggunakannya. Oleh karenanya, terkait UX ini, tugas seorang desainer website bisa dikatakan cukup rumit.

Demi meningkatkan user experience, maka harus ada titik temu dari keinginan klien UI UX Jakarta dan juga target yang akan dituju, yaitu pengguna atau calon konsumen. Kesesuaian inilah yang nantinya akan membuat website atau aplikasi menjadi lebih efektif digunakan sebagai media pemasaran.

Perbedaan UI dan UX Untuk Diketahui

Meskipun beberapa pengertian secara mendasar tentang UI dan UX telah dijabarkan, ada beberapa perbedaan diantara keduanya yang juga harus dipahami dengan baik. Pemahaman ini nantinya akan membuat Anda lebih paham mengenai bagaimana UI dan UX tersebut sebelum mencari jasa UI UX design Jakarta yang tepat.

Nah, berbincang tentang perbedaan UI dan UX, ada beberapa hal yang perlu diketahui, seperti:

  • Fokus yang berbeda

Secara umum, UI dan UX memiliki fokus yang berbeda dan ini menjadi dasar dari perbedaan diantara keduanya. Dalam hal ini, UX akan cenderung fokus untuk memudahkan pengguna atau user untuk menyelesaikan masalah atau memanfaatkan website tersebut sesuai dengan kebutuhan mereka.

Sedangkan untuk UI, elemen ini akan cenderung fokus pada bagaimana membuat tampilan website atau aplikasi yang menarik dan memaksimalkan fungsi produk di layar. Oleh karenanya, UI akan cenderung lebih detail dibandingkan dengan UX. Semua elemen desain website masuk dalam ranah UI.

  • Konseptual dan interaktif

Perbedaan lain diantara UI dan UX adalah konseptual dan interaktif. Dalam hal ini, UX akan cenderung masuk pada ranah bagaimana cara membuat suatu produk website atau aplikasi menjadi mudah untuk digunakan. Kemudahan inilah yang menjadi goal dari UX sehingga nantinya pengguna akan merasa puas.

Di sisi lain UI akan masuk pada ranah tentang bagaimana cara untuk membuat website yang menyenangkan untuk digunakan. Oleh karenanya, dengan UI, maka seorang desainer akan berusaha untuk membuat website yang unik, menarik, kaya warna dan lainnya yang output-nya adalah mampu menyenangkan dan menarik para konsumen.

Dari beberapa penjelasan di atas, bisa dipastikan bahwa meskipun terdapat perbedaan, namun kedua hal ini saling melengkapi satu sama lain dan saling berhubungan. Oleh karenanya, ketika hendak membuat website atau aplikasi untuk pemasaran online yang lebih menarik, maka ada keseimbangan antara UI dan UX yang tentu harus diusahakan.

Pengaruh UI dan UX Untuk Website atau Aplikasi

Bisa dikatakan bahwa UI dan UX adalah dua hal yang cukup esensial untuk dipahami, terutama untuk Anda yang ingin mencari jasa UI UX Jakarta untuk membuat website atau aplikasi. Pentingnya kedua bahasa pemrograman ini bisa dilihat dari pengaruhnya terkait website dan aplikasi yang Anda inginkan.

Desain UI akan dibuat dengan tujuan membuat user atau pengguna bisa melakukan eksplorasi dan navigasi pada setiap isian atau konten website yang Anda miliki. Tentu, detail desain akan sangat berpengaruh pada bagaimana tanggapan users tersebut. Secara simple, desain yang berhasil adalah desain yang mampu membuat pengguna atau users berlama-lama membuka informasi website.

Selain itu, secara umum, UI akan sangat berpengaruh pada keseluruhan desain dan juga bagaimana konten atau informasi tersebut ditampilkan. Semakin mudah dimengerti struktur atau susunan informasi, maka semakin baik pula website tersebut. Sebaliknya, semakin rumit dan ribet tampilan website, maka nilai website tersebut semakin buruk.

Penilaian baik dan buruk website tersebut adalah ranah dari UX. Dikarenakan berkaitan dengan pengalaman yang akan didapatkan oleh users, maka seorang desainer website nantinya akan mempertimbangkan faktor pengalaman pengguna atau UX. Dalam hal ini, UX akan memberikan ide yang lebih spesifik tentang tampilan dari website di mana seolah memberi garansi bahwa users akan puas.

Memilih Jasa UI dan UX yang Tepat

Ada cukup banyak jasa desain UI dan UX yang tersedia di Jakarta. Tentu, banyaknya penyedia jasa UI UX Jakarta ini akan memudahkan Anda memilih agen yang tepat. Hanya saja, Anda perlu selektif. Cek bagaimana profil dari penyedia jasa tersebut termasuk layanan yang diberikan, harga layanan dan testimoni. Nah, jika Anda ingin bermitra dengan agen yang berpengalaman dan terpercaya, Anda bisa klik laman cranium.id.